Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnis – Di era tekhnologi 4.0 seperti sekarang ini, bisnis bukan hanya dituntut untuk mampu menyesuaikan diri tetapi juga kudu bisa terus berinovasi agar mampu memenuhi gaya hidup konsumen millenial.

Tentu konsumen jaman now berbeda dengan konsumen jaman dulu. Prilakukanya berbeda, sudut pandangnya berbeda, cara pengambilan keputusan hingga gaya berbelanjanya semua berbeda.

Pentingnya Nama Domain Untuk Bisnis

Dahulu, jika orang ingin membeli sebuah sepatu, maka yang perlu ia lakukan adalah mendatangi toko sepatu dan kemudian memilih jenis sepatu yang cocok untuknya. Kemudian setelah itu terjadilah penjualan.

Apakah masa sekarang juga seperti itu?

Ternyata tidak!

Saat ini nampaknya perilaku konsumen jauh lebih kompleks. Karena itu para pakar marketing mencoba memetakan, bagaimana sih sebenarnya perilaku konsumen millenial zaman sekarang?

Terutama dalam perjalanannya melakukan pembelian produk tertentu.

5A Path of Customer Journey

Dari hasil study dan riset, ditemukanlah pola baru yang berbeda dari perilaku konsumen jaman dulu. Yang akhirnya dipetakan sebagai 5A Customer Journey, sebagai berikut;

pentingnya nama domain untuk bisnis

Gambaran di atas adalah proses panjang yang dilalui konsumen jaman now hingga akhirnya membeli sebuah brand.

Sekarang coba perhatikan step-step di atas! Dari lima step itu, ada 4 step yang terbentuk karena internet.

  • Aware: Adalah titik ketika pertama kali konsumen bersentuhan dengan brand anda. Di jaman informasi ini, hampir segala sesuatu awalnya ditemukan di internet. Termasuk informasi mengenai sebuah brand. Seperti misalnya kasus sepatu di atas. Bisa saja kita mendapatkan informasi mengenai sepatu tertentu dari postingan teman kita di Instagram atau Facebook. Atau mungkin kita melihat seorang selebriti merekomendasikannya di youtube.
  • Appeal: Adalah langkah selanjutnya ketika kita sudah semakin tertarik dengan produk tersebut. Maka kita akan mencoba mencari-cari informasi tentangnya. Lagi-lagi kita mencari di internet. Melalui sosmed, atau googling mencari review dari orang-orang yang pernah menggunakannya. Atau mungkin juga kita mencoba mengunjungi situs website produsennya untuk mencari tahu lebih jauh.
  • ASK: Langkah selanjutnya kemudian kita mulai bertanya-tanya tentang produk tersebut. Kepada teman-teman, di story WA, atau di group-group whatsapp tertentu. Atau kepada customer service product tersebut.
  • ACT: Maka setelah merasa cukup informasi yang dibutuhkan, kita kemudian melakukan pembelian. Lagi-lagi kita tidak pergi ke toko sepatunya, jika kita malas maka cukup membuka marketplace di smartphone seperti Bukalapak, Shopee atau Tokopedia.
  • Advocate. Ternyata setelah membeli konsumen millenial tidak berhenti sampai di situ. Ada sebuah karakter baru yang dimiliki kaum ini yang cukup positif. Yaitu kegemarannya berbagi. Mereka akan memposting foto produk itu kemudian menceritakannya di sosial media, FB, IG twitter dan Wa. Jika ia menyukainya tentu ia akan bercerita positif tentang produk anda. Namun jika yang ia alami adalah tidak menyenangkan buatnya, maka tamatlah riwayat si produsen.

    Tentu sikap seperti ini bukanlah dosa. Tapi memang begitulah adanya.

Lantas dimana letak pentingnya nama domain untuk bisnis?

Mari kita liat lagi. 4 langkah dari 5 langkah perjalanan konsumen itu adalah tentang informasi.

Dan sebagai pemilik bisnis/produk, anda tentu tidak ingin konsumen atau calon konsumen anda mendapatkan informasi keliru tentang produk anda. Atau mungkin bahkan tidak tau sama sekali kalau bisnis anda eksis.

Tentu anda tidak ingin pilihan pembelian konsumen millenial indonesia yang jumlahnya bisa sampai angka puluhan triliun itu jatuh pada produk kompetitor. Betul bukan?

Mereka harus jatuh di tangan anda. Produk anda harus muncul menjadi yang pertama dan utama dalam benak konsumen.

Mereka harus paham dengan benar dan lengkap, bahwa produk andalah yang cocok untuk mereka.

Dan semua itu jawabannya cuma satu.

Online Presence!

Online presence adalah kehadiran anda di jagad internet. Anda eksis. Anda terlihat. Anda didengarkan. dan anda dirasakan keberadaannya oleh konsumen potensial anda.

Anda perlu hadir ditengah-tengah mereka. Menjawab semua pertanyaan batin di kepala mereka. Meluruskan semua informasi salah yang bisa saja mereka dapatkan terkait produk anda.

Itu artinya anda muncul di beranda akun sosmed mereka. Anda juga hadir di feed IG mereka. Kalau perlu anda muncul ketika mereka sedang menghabiskan berjam-jam waktu menonton video youtube.

Dan ini yang paling penting; Anda muncul di laman pencarian ketika mereka googling produk anda.

“Sebelum menjadi yang pertama di benak konsumen, Anda perlu menjadi yang pertama di hasil pencarian search engine.”

-Bang Rhidwan

Itu artinya anda harus punya website. Dan website berarti anda kudu punya domain.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat spesifik menuju website anda. Seperti produksepatuanda.com atau www.usahanasigorenganda.co.id

apa itu domain

Karena itu, saran utama saya sekarang juga adalah; segera amankan alamat domain anda. Sebab jika orang lain sudah meng-klaimnya, maka anda tidak bisa lagi punya hak atas domain itu.

Website dan domain ibarat toko/kantor anda di jagad maya yang buka 24 jam. Ini tidak kalah penting dengan kantor anda di jalan Jendral Sudirman.

Website adalah wajah bisnis anda.

Website-lah yang akan menjabarkan seluruh informasi mengenai bisnis anda. Mulai dari produk, promo, harga, diskon, USP dan lain sebagainya.

7 Alasan Mengapa Sebuah Domain Penting Untuk Bisnis

Jadi kebayang kan bagaimana pentingnya domain dan website bagi bisnis anda. Untuk lebih memperjelas, berikut kami akan paparkan 7 Alasan Pentingnya Sebuah Domain Untuk Bisnis Anda;

#1. Domain Adalah Pusat Informasi Bisnis Anda

Menurut Global Web Index, hanya 22% konsumen yang mencari informasi mengenai suatu merek melalui social media. Sementara jumlah konsumen yang mencari informasi merek dengan berkunjung langsung ke website mencapai 62%.

Artinya apa?

Domain anda adalah kunci utama untuk memberikan informasi terkait produk, layanan, informasi, harga, dan lain sebagainya agar konsumen mendapatkan informasi yang benar terkait bisnis anda.

Ingat 5A customer journey di atas, salah satu karakter utama konsumen millenial adalah informasi. Mereka akan mencari informasi sebelum melakukan pembelian sebuah produk. Domain dan website anda harusnya jadi solusi untuk itu semua.

#2. Domain adalah Brand Online Anda

Saat ini domain bukan hanya sekedar alamat url menuju suatu website. Domain sudah menjadi Brand. Domain sudah menjadi sebuah identitas yang mewakili sebuah karakter tertentu.

Sebagai contoh, ketika anda ingin mencari informasi maka bisa dipastikan brand pertama yang muncul di kepala anda adalah www.google.com, atau ketika anda sedang membutuhkan layanan Domain Murah dan hosting Unlimited, maka salah satu brand yang muncul adalah RumahWeb.com

Ketika domain anda sudah begitu melekat di benak konsumen, maka kemungkinan mereka akan langsung mengasosiasikan brand anda dengan niche market anda.

#3. Domain Mempengaruhi Hasil Pencarian Search Engine

Ketika orang mencari sebuah informasi di mesin pencari seperti google, maka google akan menunjukkan hasil pencarian sesuai dengan relevansi pencarian.

Dalam hal ini penting bagi bisnis anda untuk muncul di halaman pertama, bahkan di urutan teratas hasil pencarian google. Tekhnik untuk ini disebut Search Engine Optimization (SEO).

Ada banyak tekhnik SEO, tapi salah satu yang menjadi poin penting adalah nama domain anda.

Brian Dean dari Backlinko.com, menuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pencarian google. Dan faktor pertama dari 200 point yang ditulis adalah adalah faktor Domain. Berikut 2 diantara penjelasannya:

2. Keyword Appears in Top Level Domain: This doesn’t give the boost that it used to. But having a keyword in your domain still acts as a relevancy signal. (Keyword muncul di domain)

3. Keyword As First Word in Domain: A domain that starts with their target keyword has an edge over sites that either don’t have that keyword in their domain (or have the keyword in the middle or end of their domain). (Kata pertama domain mengandung keyword)

Brian Dean, Backlinko.com

Dari sini kita bisa paham bahwa sebuah nama domain mempengaruhi apakah bisnis anda muncul di halaman pertama google atau tidak ketika seseorang mengetikkan tentang bisnis anda.

Itulah pentingnya nama domain untuk bisnis.

Fakta-fakta ini memungkinkan anda menjadi lebih mudah untuk bersaing menduduki posisi market leader. Mengapa? Sebab dengan menduduki posisi pertama pencarian search engine, peluang anda untuk menembus pasar sangat terbuka lebar.

Tentu tidak lebih sulit dibanding cara-cara lama.

#4. Domain Adalah Marketing Support 24 Jam Anda.

Tahukah anda bahwa sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan manajemen dan training pengembangan SDM perusahaan, yang bernama PT. Manajemen Kinerja Utama mendapatkan peningkatkan pelanggan berkali-kali lipat hanya dari domain mereka.

Domain mereka adalah StrategiManajemen.net (Blog Binis no.1 di Indonesia) dan CEO-nya adalah mas Yodhia Antariksa. Beliau mengaku bahwa melalui domain blognyalah dia mampu mendapatkan lebih dari 100 klien perusahaan dengan total nilai omzet miliaran rupiah.

Dengan strategi digital marketing yang tepat, Sebuah domain adalah alat yang sangat ampuh untuk menjangkau pasar yang luas. Jika anda mengisi domain tersebut dengan konten yang berkualitas.

#5. Domain adalah intangible Asset perusahaan anda.

Tahukah anda bahwa Indonesia punya 4 start-up digital unicorn yang dihargai gila-gilaan oleh para investornya. Mereka adalah;

  • Gojek: Valuasi senilai US$ 9,2 M atau setara Rp. 136 Triliun
  • Tokopedia: Valuasi senilai US$ 7 M atau setara Rp. 102 Triliun
  • Traveloka: Valuasi senilai US$ 2 M atau setara Rp. 26.6 Triliun
  • Bukalapak: Valuasi senilai US$ 1 M atau setara Rp. 13,5 Triliun

Sementara tahukah anda berapa nilai valuasi perusahaan seperti Garuda Indonesia? Hanya Rp. 6 Triliun.

Bisa anda bayangkan bagaimana mungkin perusahaan kemarin sore yang bahkan tidak punya aset fisik seperti armada pesawat terbang satupun, bisa mengalahkan garuda yang punya aset ratusan pesawat Boeing dan Airbush?

Bisa anda bayangkan Traveloka yang hanya bermodal nama domain, tidak punya kantor yang megah dan bercabang-cabang seperti garuda Indonesia, dihargai 4 kali lipat lebih mahal daripada sang Burung besi GIA.

Inilah intangibel aset. Sebuah aset yang tidak terlihat tapi nilainya jauh lebih mahal ketimbang aset yang terlihat seperti tanah dan gedung kantor.

Sebuah nama domain bisa berharga fantastis dan sangat mahal, dibanding aset fisik perusahaannya.

Dilansir dari Domain.com, Coba perhatikan berikut adalah beberapa list domain yang pernah ditawar dengan harga fantastis.

  • Insurance.com – $35.6 million
  • VacationRentals.com — $35 million
  • PrivateJet.com – $30.18 million
  • Internet.com – $18 million
  • 360.com – $17 million

Siapa yang tahu jika suatu hari nanti nama domain bisnis anda bisa dihargai seperti beberapa contoh di atas.

#6. Domain membangun Kredibilitas Bisnis Anda.

Memiliki nama domain dari nama bisnis anda bisa sangat menguntungkan untuk kredibilitas bisnis anda. Ini akan meningkatkan postur anda. Baik di mata konsumen maupun di mata kompetitor.

Apalagi jika bisnis anda yang menduduki posisi pertama di hasil pencarian search engine.

hal lain yang menguntungkan adalah anda bisa membuat email atas nama domain anda, seperti info@perusahaanku.com, atau marketing@bisnisku.com. Alih-alih menggunakan email gratisan seperti perusahanbaja@gmail.com.

Ini selain akan membangun kredibilitas bisnis anda juga akan semakin menancapkan brand bisnis anda di benak market. Ketika hal itu sudah tercapai, maka anda akan sudah berada beberapa langkah di depan kompetitor.

Dampak dari kredibilitas adalah trust yang dalam. Dan keinginan alamiah untuk selalu berbisnis dengan anda. Sebab anda dianggap sebagai orang yang bisa dipercaya.

#7. Domain adalah customer Service Yang Selalu Membangun Relationship kepada Konsumen

Tidak ada hal lain yang paling diingat konsumen untuk berhubungan dengan anda selain domain website anda.

Begitu mereka membutuhkan bantuan, atau mengalami kendala terkait produk dan layanan anda, maka cara termudah untuk meminta bantuan adalah mengetikkan nama domain anda di browser mereka, membuka website anda, dan mencari cara bagaimana dengan mudah menghubungi anda secara real time.

Jika yang mereka dapatkan di sana hanya alamat email, maka itulah yang akan mereka gunakan. Namun jika ada form chat langsung, maka itu akan sangat membantu mereka.

Baru setelah mereka tidak mendapatkan website anda, mereka akan mencari akun sosial media dan lain sebagainya.

Nah itulah alasan pentingnya nama domain untuk bisnis. Satu hal yang penting bahwa persaingan bisnis ke depannya akan semakin mengerucut pada digital war. Dan domain bukan lagi akan menjadi alat, tapi dasar fundamental.

Dulu, ketika yang punya domain hanya perusahaan-perusahaan besar, memiliki domain adalah satu keunggulan. Tapi sekarang, hampir 100% bisnis sudah punya domain sendiri. Jika tidak bertindak sekarang, anda akan kian tenggelam, terpinggirkan dan terlupakan.

So, penting untuk segera mengamankan nama domain anda sekarang juga.

Tips Memilih Nama Domain Bisnis

Tulisan mengenai tips dan panduan memiliki nama domain bisnis, telah saya posting lebih detail di artikel ini. Namun di sini saya hanya akan membahas garis besarnya saja.

Sebuah domain harusnya brandable, muda diingat, dan simple. Menurut sebuah hasil survey yang dikeluarkan oleh Gaebler.com, bahwa dari dari 50 domain paling populer di seluruh dunia, hampir semuanya menggunakan domain yang simple. Dengan jumlah karakter dibawah 6 karakter. Sementara itu yang menduduki posisi akhir dari 1.000.000 website paling populer juga menggunakan nama domain yang panjang.

Kesimpulannya, semakin pendek nama domain semakin bagus.

Selain itu, demi kebaikan bisnis anda, saya sarankan untuk tidak menggunakan subdomain gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com.

Domain yang baik adalah yang menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti .com/.net/.org. Selain itu juga bisa menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD) seperti .id untuk indonesia.

Untuk nama domainnya sendiri, harusnya tidak jauh-jauh dari nama bisnis anda. Sebab ingat bahwa Domain bukan sekedar alamat website. Domain adalah aset jangka panjang bisnis anda.

**Artikel ini diikutsertakan dalam Rumah Web Blog Competition sebagai penyedia layanan domain murah.

Bang Rhidwan

Seorang blogger dan digital marketing enthusiast. Senang belajar bisnis, pengembangan diri dan public speaking. Suka ke warung kopi, tapi gak pesan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *