Setelah menginstall website, mungkin pertanyaan selanjutnya adalah “laman apa saja yang harus saya buat dalam website bisnis saya?

Nah, pada artikel kali ini, saya akan share setidaknya ada 10 jenis laman page yang wajib ada dalam website bisnis.

Anda bisa mempertimbangkan apakah anda akan menggunakannya untuk website anda.

page yang wajib ada dalam website

Ini juga berguna jika anda mempercayakan website anda pada web developer. Anda bisa memberitahu mereka akan laman apa saja yang anda inginkan. Selanjutnya mereka akan membuatkannya untuk anda.

Tapi, sebelum itu…

Apa Itu Laman (Page) Website?

Halaman (page) adalah suatu bagian dari website yang berisi informasi tertentu. Setiap page biasanya dibagi untuk peruntukannya masing-masing.

Sehingga pengunjung akan mudah mengetahui mana bagian website yang harus dibuka jika membutuhkan informasi dari bisnis tertentu.

Bagi sebuah website bisnis, page amat sangat penting. Fungsinya bukan hanya untuk menampilkan informasi terkait bisnis anda, tetapi juga sebagai konten website yang digunakan mesin pencari seperti google dalam mempelajari website anda.

Struktur navigasi page yang baik, menjadi salah satu faktor yang dinilai search engine dalam merangking sebuah website.

Sehingga google bisa menampilkan website anda pada orang yang tepat ketika mereka mencari informasi di laman pencarian google.

Baca juga: [Tutorial Lengkap] Agar Website Kita Muncul di Google Paling Atas.

So, Laman (Page) apa saja yang harus ada dalam sebuah website bisnis?

Berikut 13 laman yang harus ada dalam sebuah website bisnis.

1. Homepage

Ini adalah laman utama website anda. Laman yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mereka mendarat di website anda. Karena itu, laman ini pentingnya bukan main.

Bukan hanya soal seberapa cantik desainnya. Tapi juga laman ini harus menarik perhatian pengunjung agar mau membuka laman lain, termasuk yang paling penting adalah laman pembelian produk.

Sebuah laman depan, harusnya berisi tentang informasi umum terkait bisnis anda, dan bagaimana anda bisa membantu permasalahan pengunjung.

Jika pengunjung tidak dapat itu, maka bisa dipastikan mereka akan buru-buru pergi.

Selain dari sisi konten yang informatif dan menarik, satu hal yang penting diperhatikan adalah kecepatan loading website anda terbuka.

Sebab tidak ada yang suka menunggu lama. Jika website anda tidak bisa dibuka dalam 4 detik, maka pengunjung akan pergi. Dari sisi SEO pun, loading yang lama akan sangat mempengaruhi rangking website anda.

2. About

Laman about adalah salah satu page yang paling penting dan wajib ada dalam sebuah website. Meskipun orang membeli produk anda, tetapi mereka sebenarnya ingin tahu dengan siapa mereka berbisnis.

Menurut TLSMarketing.com, about page adalah laman kedua yang paling banyak di buka pengunjung ketika menjelajahi sebuah website setelah homepage.

Kebayang kan pentingnya laman about ini?

Di laman about inilah anda menceritakan mengenai diri atau bisnis anda, visi anda dan bagaimana anda bisa membantu mereka.

Selain itu, anda juga bisa menceritakan tentang mengapa anda melakukan bisnis anda ini. Ini sebagaimana yang diajarkan Penulis dan pakar leadership Simon Sinek dalam bukunya “Start With Why“.

Sebab sejatinya setiap bisnis pasti punya ceritanya masing-masing. Dan ini bisa jadi keunikan tersendiri dan bisa memunculkan value atau nilai yang anda junjung tinggi.

3. Service/Produk

Page selanjutnya yang juga paling penting adalah laman penawaran anda. Baik jasa ataupun produk.

Desainlah laman ini dengan jelas dan profesional. Pastikan anda menggunakan foto yang menarik dan berkualitas tinggi. Sertakan pula penjelasan informasi produk yang jelas dan menjual.

Jika anda memiliki banyak macam penawaran bagilah menjadi beberapa kategori. Anda juga boleh membuat laman penjelasan untuk masing-masing produk untuk menunjukkan informasi lebih detail mengenai produk/service anda.

4. Contact

Halaman kontak adalah laman yang berisi informasi tentang bagaimana pelanggan bisa menjangkau anda.

Yang terbaik adalah buatlah contact page yang lengkap. Kuncinya buatlah pengunjung anda semakin mudah menjangkau anda.

Sertakan alamat email bisnis anda, laman media sosial, serta alamat lengkap kantor atau toko anda.

Anda juga bisa membuat form yang bisa langsung diisi oleh pengunjung untuk menghubungi anda. Untuk melakukannya anda bisa memasang plugin “Contact form 7” atau “WPforms”.

5. Portfolio

Laman portfolio memungkinkan anda memamerkan hasil karya anda kepada pengunjung anda. Ini akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap anda.

Apabila anda menawarkan jasa, maka anda bisa memasang foto-foto terkait kegiatan atau layanan anda.

Jika anda menjual produk, maka laman ini bisa diganti dengan laman testimoni atau review dari orang-orang yang telah menggunakan produk anda.

Contoh laman portfolio:

6. Testimoni/Review

Testimoni adalah salah satu tools yang sangat ampuh untuk membangun trust. Namun pastikan bahwa testimoni anda memang asli dan bukan buatan.

Agar semakin meyakinkan sertakan foto, nama lengkap, profesi bahkan link menuju profile orang yang memberikan testimoni tersebut.

Selain testimoni, anda bisa memasang review. Ada banyak cara mengumpulkan review dari orang-orang yang menggunakan produk anda. Salah satunya dengan membuat laman google my business.

Minta pelanggan anda untuk memberikan review yang tulus dan positif di laman google bisnis anda.

Jika anda menggunakan jasa influencer marketing, anda juga bisa memasang foto atau video endorsment mereka di laman ini.

7. Blog

Blog adalah laman khusus yang isinya kumpulan artikel bermanfaat yang anda tulis terkait niche atau bidang bisnis anda.

Banyak pengusaha menganggap laman ini tidak penting sebab tidak memberikan dampak langsung pada bisnis.

Tapi faktanya itu salah besar.

Laman blog bisa jadi merupakan salah satu strategi paling manjur untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Konten artikel yang menarik dan bermanfaat, bukan hanya disukai pengunjung, tapi juga disukai mesin pencari.

Bca juga: [Paduan Lengkap] Strategi Digital Marketing UKM yang Terbukti Berhasil

Dengan konten yang berkualitas, peluang anda untuk muncul di halaman pencarian google di banyak kata kunci menjadi semakin luas. Dari sini, artinya orang yang akan mengunjungi website anda semakin banyak.

Dengan CMS (Content Management System) WordPress, anda bisa membuat laman blog dengan sangat mudah. Persis seperti artikel yang sedang anda baca ini.

Lantas, bagaimana jika saya tidak bisa menulis artikel?

Tenang saja, ada bisa menggunakan jasa penulis konten artikel. Saat ini harganya bahkan sangat terjangkau.

8. Privacy Policy

Ini adalah laman khusus berisi panduan atau kebijakan website anda dalam menjaga data-data pengunjung anda.

Sebagian pengunjung ingin mendapatkan jaminan bahwa data-data mereka, seperti nama, email, alamat ip dan lain sebagainya aman.

Laman ini akan memberitahukan pengunjung tentang itu.

Di wordpress sendiri, biasanya laman ini sudah terinstall otomatis. Anda bisa memilih untuk menggunakannya. Atau ingin membuat laman privacy policy anda sendiri.

Anda juga bisa membuat laman ini secara mudah dan otomatis di privacypolicyonline.com

9. Sitemap

Sitemap bisa diterjemahkan sebagai peta situs. Ini adalah semacam daftar isi yang menjelaskan mengenai isi dari website anda.

Sehingga dengan sitemap ini pengunjung dan mesin pencari bisa memahami dan menjelajah website anda dengan lebih mudah.

Sitemap sendiri ada 2 macam. Yakni;

  1. sitemap yang dibuat untuk mesin pencari (sitemap .xml)
  2. sitemap yang dibuat untuk pengunjung (sitemap html)

Bagaimana cara membuatnya?

Untuk sitemap .xml ada banyak cara untuk membuatnya. Salah satunya menggunakan plugin seperti “Google XML sitemap“. Selain itu fitur untuk membuat sitemap xml juga sudah tersedia di plugin SEO seperti Yoast dan Rank Math.

Update: untuk pengguna wordpress versi 5.5, sitemap xml sudah termasuk dalam fiturnya. Sehingga anda tidak lagi perlu menggunakan plugin untuk membuatnya.

Sementara untuk membuat sitemap html anda bisa menggunakan plugin bernama “WP Sitemap Page“.

Next post saya akan update cara membuat sitema html di website.

10. 404 Page Not Found

Laman terakhir yang wajib ada dalam website anda adalah laman “page not found”.

Apa maksudnya?

Jika seseorang mengunjungi website anda, dan tanpa sengaja menemukan di laman hilang atau laman yang sudah dihapus, maka laman ini akan muncul untuk memberitahukan pengunjung bahwa laman yang mereka cari tidak ada.

Kemudian laman ini akan merekomendasikan pengunjung untuk kembali ke homepage.

Sehingga dengan laman ini, pengunjung tidak pergi begitu saja.

Kesimpulan

Nah, inilah 10 plugin yang lazim ada dalam sebuah website bisnis.

Apakah semuanya wajib di buat?

Tentu semua kembali pada kebutuhan website anda masing-masing. Anda bisa memilih membuat laman di atas, atau bahkan menambahkan laman lain untuk menunjang jalannya bisnis anda.

Anda bahkan bisa membuat laman khusus seperti program reseller jika anda memang membuka peluang reseller.

Nah, laman mana saja yang anda gunakan dalam website anda? Share di kolom komentar ya!

Bang Rhidwan

Seorang blogger dan digital marketing enthusiast. Senang belajar bisnis, pengembangan diri dan public speaking. Suka ke warung kopi, tapi gak pesan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *