Mengapa bisnis UKM harus punya website? Saat ini, website adalah salah satu media pemasaran digital yang paling fundamental untuk para pengusaha UKM.

Mengapa fundamental?

mengapa bisnis ukm harus punya website

Sebab website sudah seharusnya menjadi dasar. Hukumnya sudah wajib punya. Bahkan hampir semua bisnis sudah punya website. Artinya memiliki website bukan lagi sebuah keunggulan. Sebab semua orang sudah punya website.

Bahkan para pebisnis online yang tidak memiliki produk, (reseller atau dropshiper) sudah memiliki website.

Artinya jika anda tidak punya website, maka anda pasti akan ketinggalan. Terpinggirkan dan terlupakan.

Ratusan Website Lahir Setiap Harinya.

Tahukah anda, bahwa menurut data dari InternetLiveStats.Com, saat ini ada lebih dari 1,7 Milliar website yang ada di seluruh dunia.

Sementara itu, jumlah pertumbuhan website setiap hari menurut perhitungan dari millforbusiness.com, adalah 547.000 website dibuat setiap harinya. Artinya dalam 1 menit ada sekitar 380 website baru muncul.

How many websites are created every minute?
As per our calculations, approximately 380 new websites are created every minute!

– MillForBusiness.com

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia adalah salah satu dari 5 negara dengan pengguna internet terbesar di dunia saat ini. Menurut data dari katadata.co.id, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahaun 2019, mencapai 95,2 juta.

Dan diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 10% setiap tahunnya.

Nah, apa arti semua data ini bagi anda?

Mestinya hanya satu; Anda juga harus hadir di pasar raksasa ini. Ambil bagian. Pasar ini terlalu besar dan penting untuk diabaikan.

Mulai dari mana? Dari website bisnis anda!

Keuntungan Memiliki Website Untuk Bisnis UKM

Selain fakta-fakta tak terbantahkan di atas, memiliki website bagi UKM memang punya banyak keuntungan.

Dengan website peluang untuk meraih sukses semakin terbuka lebar dan lebih mudah. Yang pasti medianya tidak sesulit media pemasaran pada zaman dahulu kala. Tempoe Doeloe.

Menurut pengamatan kami, Setidaknya ada 5 keuntungan besar yang bisa anda dapatkan dengan memiliki website yang berjalan untuk bisnis UKM anda.

Pertimbangkan poin-poin berikut mengapa Bisnis UKM harus punya website.

#1. Peluang menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan anda hadir di internet, peluang orang untuk menemukan anda semakin luas. Orang-orang dari berbagai belahan dunia bisa dengan mudah melihat produk dan layanan anda.

Tidak sedikit kisah para pengusaha yang berhasil melakukan ekspor sampai ke berbagai negara hanya dengan bermodal digital marketing.

Salah satu yang cukup menginspirasi adalah seorang anak muda yang bernama Yukka Harlanda, owner dari BRODO FootWear.

mengapa bisnis UKM harus punya website
Yukka Harlanda | img: finance.detik.com

Awalnya ia hanya berjualan sepatu dengan modal 7 juta rupiah di kotanya di bandung, Jawa Barat. Hingga kini ia sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota di Indonesia seperti, Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya hingga Makassar dan sudah dipasarkan hingga luar negeri. 

Pada awalnya Yukka memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Kaskus, Twitter dan lain sebagainya. Hingga akhirnya Ia bisa memiliki website sendiri.

#2. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Ada sebuah adagium yang mengatakan, “mendapatkan pelanggan itu mudah. Yang sudah adalah mempertahankannya.”

Itu betul jika kita tidak punya strategi customer relationship yang baik.

Salah satu keuntungan memiliki website untuk bisnis ukm adalah bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelangggan. Sehingga pelanggan semakin loyal dengan bisnis dan produk anda.

Bahkan pelanggan akan merekomendasikan bisnis anda kepada teman-temannya.

Melalui strategi yang mumpuni, menyediakan konten yang berguna, layanan customer service yang baik dan cepat, semua itu bisa anda dapatkan.

Ini adalah alasan yang sangat penting mengapa bisnis UKM harus punya website. Sebab UKM kemungkinan belum memiliki layanan customer service yang khusus. Biarkan website anda yang melakukannya.

#3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Anda

Dengan memiliki website yang didesain dengan ciamik dan profesional, yang sesuai dengan personality brand anda, maka secara otomatis itu akan membuat bisnis anda semakin terlihat posturnya.

Anda akan dianggap sebagai ahli dan terbaik di bidang usaha anda. Kredibiltas bisnis anda pun meningkat pesat.

Kredibilitas adalah salah satu intangible asset bagi bisnis anda yang harganya tidak bisa dinilai dengan uang.

Dewasa ini, Intangible aset jauh lebih penting dari sekedar aset fisik seperti bangunan kantor, mesin produksi, meja, komputer dan lain sebagainya.

Lihat saja perusahaan seperti traveloka yang bahkan tidak punya 1 armada pesawat terbang, tapi nilai perusahaannya jauh lebih tinggi dari Garuda Indonesia yang punya ratusan aset pesawat Boeing dan Airbush.

Ada lagi gojek, yang tidak punya satupun motor ojek, tapi nilai aset perusahaannya sampai ratusan triliun rupiah.

Kredibilitas bisnis anda menjadi sangat penting di mata pelanggan, pesaing, maupun di mata pihak ketiga seperti misalnya Bank, jika saja anda ingin mengajukan pinjaman dana.

#4. Peluang Memenangkan Persaingan Bisnis

Dalam bukunya, D’Gill Marketing: Think Like There is No Box, Pak Ahmad Bambang, mengungkapan bahwa Di era disrupsi saat ini, persaingan bisnis menjadi semakin menggila dan tak menentu. Pasalnya pesaing bermunculan dari segala arah.

Pesaing anda bukan lagi dengan sesama pelaku bisnis di area anda. Tapi bisa saja muncul dari arah yang tak di duga-duga. Bahkan di luar domain bisnis anda.

Sebagai contoh, pesaing mikrolet bukan lagi sesama supir mikrolet, tetapi dengan sebuah aplikasi online yang bernama Go-Jek.

Dulu bank bersaing dengan sesama bank. Tapi kini bank kian was-was. Ratusan pesaing baru muncul, yang bukan merupakan perusahaan perbankan. Ada OVO, Dana, PeDe, dan berbagai perusahaan fintech lainnya.

Itulah gambaran nyata yang sedang terjadi saat ini.

Sekarang balik lagi ke bisnis UKM anda, dengan setidaknya memiliki website peluang anda untuk menembus pasar tidak serumit dulu. Dengan penerapan strategi digital marketing yang baik, anda punya peluang yang sama dengan perusaaan-perusahaan besar di bidang anda untuk sukses.

#5. Menghemat Biaya Pemasaran Menjadi Jauh Lebih Murah

Ini salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memiliki website.

Bisa anda bayangkan dahulu orang mengeluarkan biaya puluhan hingga ratusan juta untuk memasang billboard besar di pinggir jalan raya, memasang iklan di radio, di TV dan koran.

Yang semua itu tingkat efektivitasnya tidak bisa diukur.

Dengan digital marketing dan website anda bisa menghemat biaya pemasaran bisnis yang demikian mahal.

Biaya pembuatan website sudah sangat amat terjangkau.

Putera Dwi Karunia, COO sekaligus salah satu founder dari BRODO FootWear yang kita bahas di depan mengatakan,

Jika UMKM go digital, ada banyak kerumitan yang bisa dipangkas, termasuk soal distribusi, manajemen stok, sampai sumber daya karyawan. Pada akhirnya UMKM bisa lebih fokus untuk memikirkan bagaimana cara berinovasi demi menumbuhkan usahanya lebih cepat,”. (dilansir dari Okezone.com)

Kesimpulan

Setidaknya itulah 5 keuntungan yang akan anda dapatkan bagi pelaku bisnis UKM jika memiliki dan menjalankan website.

Satu hal yang perlu kita sadari bahwa website adalah fondasi dasar bagi perkembangan bisnis kita di era industri 4.0. Karena itulah mengapa bisnis UKM harus punya website.

Sekarang saatnya anda membuat website bisnis anda.

Bang Rhidwan

Seorang blogger dan digital marketing enthusiast. Senang belajar bisnis, pengembangan diri dan public speaking. Suka ke warung kopi, tapi gak pesan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *