Jika anda ingin membuat website untuk bisnis anda, maka hal utama yang perlu anda pikirkan matang-matang adalah bagaimana menentukan nama domain yang baik.

Apa itu Nama domain?

Nama domain adalah alamat URL menuju website anda. Seperti misalnya www.bangrhidwan.com atau www.usahasaya.id. Itulah nama domain.

Setiap nama domain adalah unik untuk masing-masing website. Artinya tidak ada dua website yang memiliki nama domain yang sama. Di artikel sebelumnya, saya sudah bahas mengenai pentingnya nama domain untuk bisnis.

menentukan nama domain

Nah, menentukan nama domain untuk website bisnis perlu pertimbangan matang-matang. Sebab nama domain yang mudah diingat akan mempermudah orang untuk datang ke website anda.

Namun bukan hanya itu, pertimbangan memilih dan menentukan nama domain yang tepat untuk bisnis ada banyak. Termasuk dari segi branding, dan dari segi tujuan jangka panjang website anda.

Mengenal Domain

Sebagaimana yang kita tau, domain adalah alamat url menuju sebuah laman website. Setiap laman web memiliki 1 domain tersendiri.

Dengan nama domain orang tidak perlu lagi repot-repot menuliskan alamat IP sebuah website yang berupa angka-angka yang sulit untuk diingat. Seperti 168.934.784.0.1.

Dulunya begitu.

Struktur sebuah domain terdiri dari 3 hal. Yaitu;

  • Top Level Domain: akhiran ekstensi dari domain anda, seperti .com/.net/id
  • Second Level Domain: Nama/brand dari sebuah domain
  • Third Level Domain: Sub domain yang dituliskan sebelum nama domainnya (misalnya www. atau blog.namadomain.com)

Pertimbangan Menentukan Nama Domain

Ada banyak pertimbangan ketika ingin memilih dan menentukan nama domain untuk website.

  1. Tujuan Jangka Panjang Website
  2. Branding Bisnis dan Perusahaan Anda
  3. Kebutuhan Target Audience Anda
  4. Kemudahan diakses
  5. SEO
  6. Riwayat Domain
  7. Trade Mark atau merek dagang domain

So, sekarang mari kita bahas satu per satu…

#1. Tujuan jangka panjang website anda

Sebelum menentukan nama domain, harusnya anda sudah punya planning dan tujuan jangka panjang untuk website dan bisnis anda.

Apa goals yang ingin anda capai di masa depan?

Nah, dari sana anda bisa menentukan nama domain yang cocok untuk website bisnis anda.

Misalnya ketika anda ingin membuat nama domain “SuplierAccesories.com” pertimbangkan apakah ini sesuai dengan tujuan jangka panjangnya? Apakah di masa depan bisnis accesories anda tidak ingin berkembang merambah bidang lain?

Jika ya, maka pertimbangkan nama domain yang lebih luas.

#2. Branding bisnis dan perusahaan anda.

Ya, meski domain adalah alamat menuju website kita, namun perannya tidak terbatas itu saja. Domain juga sudah menjadi alat untuk membangun branding bisnis.

Dengan nama domain yang mudah diingat, orang akan mudah mengenali brand bisnis anda.

Misalnya google.com atau amazon.com telah menjadi sebuah brand yang menancap di benak orang banyak.

Karena itu sebelum menentukan nama domain anda, pertimbangkan mengenai brand apa yang akan anda bangun. Semisal, usaha anda bernama sinarjaya, dan anda bergerak di bidang penjualan bahan bangunan tidak ada salahnya memilih nama domain sinarjayabangunan.com.

#3. Riwayat Nama Domain

Sebelum menentukan nama domain, sangat penting untuk anda mengecek riwayat nama domain tersebut.

Sebab nama domain yang sudah pernah terdaftar, bisa saja dulunya memiliki reputasi yang buruk di mata google. Tentu hal ini bisa berdampak negatif pada website anda nantinya.

Untuk mengecek riwayat nama domain, anda bisa menggunakan tools dari bernama waybackmachine yang beralamat di archive.org

#4. TradeMark

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam memilih nama domain adalah apakah domain tersebut menyinggung trademark orang lain atau tidak.

Tentu kita tidak ingin bermasalah dengan orang/instansi lain hanya gara-gara nama domain. Sehingga untuk menghindari hal tersebut penting mengecek apakah nama domain yang kita daftarkan ada trademark-nya atau tidak.

Sebagai contoh beberapa tahun silam, seorang blogger bernama Sony, harus berurusan dengan hukum lantaran menggunakan nama domain Sony-ak.com, lantaran dituntut oleh perusahaan SONY dari jepang.

Untuk mengecek trademark kita bisa menggunakan pangkala data kekayaan intelektual dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melalui website https://pdki-indonesia.dgip.go.id/

Anda bisa mengecek Paten, Merek dagang, Desain insdusti, hak cipta dan indikasi geografis

#5. Pendek dan mudah diingat

Pertimbangan memilih nama domain juga harus dari segi jumlah karakter dan kemudahan diingat. Ingat, nama domain adalah alamat menuju website anda, semakin mudah alamatnya semakin mudah orang menuju website anda.

Jangan buat pengunjung anda bingung hanya karena nama domain anda terlalu rumit untuk diingat apalagi ditulis.

Berikut beberapa pedoman memilih nama domain:

  • Tidak menggunakan angka pada domain. misalnya celebes123.com
  • Hindari memakai karakter khusus seperti tanda hubung. contoh: celebes-web.com
  • Hindari menggunakan nama domain yang sulit dieja. seperti jksdhred.com
  • Jangan memakai nama domain yang terlalu panjang. Seperti jasapembuatanwebsiteterbaikdannomorsatudimakassar.com
  • Hindari penggunaan huruf dobel yang berlebihan. contoh: cellebessswebb.com

Sebaliknya pilihlah nama domain yang simple dan mudah diingat. Menurut data dari datagenetics.com, rata-rata jumlah karakter dari nama domain yang ideal adalah 12 karakter.

#6. Gunakan Eksistensi TLD atau ccTLD

Agar profesional dan kredibel domain anda sepatutnya menggunakan eksistensi TLD (Top Level Domain) seperti .com atau .net.

Selain itu, anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan ccTLD atau Country Code Top Level Domain, seperti .id untuk indonesia.

Ada banyak keuntungan menggunakan domain .id, selain anda menunjukkan nasionalisme juga menggunakan domain .id berpengaruh baik untuk posisi website anda di mesin pencari seperti google.

Country code Top Level Domain akan diprioritaskan di negara yang bersangkutan.

Pemerintah, melalui Kementian Informatika dan Komunikasi (Kemkominfo), memang tengah menargetkan penyebarluasan penggunaan domain .id untuk indonesia. Jadi anda juga bisa mendukung program pemerintah.

Baca juga: [Panduan Lengkap] Strategi Digital Marketing UKM Yang Terbukti Berhasil

Mendaftarkan Nama Domain

Setelah memilih dan menentukan nama domain, maka saatnya mendaftarkan nama domain anda sekaligus menyewa paket hosting di layanan penyedia domain dan hosting.

Poin ini menjadi sangat penting, sebab provider domain hosting yang anda pilih akan sangat mempengaruhi performa website dan bisnis anda nantinya.

Anda mesti memastikan dukungan dan fitur domain hosting yang disediakan oleh provider baik. Termasuk uptime garansi, kecepatan loading blog, lokasi server, fitur, dukungan support system, tekhnology yang digunakan dan masih banyak lagi.

Khusus mengenai penyedia nama domain dan hosting akan kami bahas di artikel lainnya, namun kali ini kami akan merekomendasikan satu penyedia domain hosting yang terbaik menurut kami yaitu, Niagahoster.

Ya, Niagahoster adalah salah satu penyedia nama domain dan hosting top di Indonesia. Ada banyak faktor yang membuatnya demikian, beberapa diantaranya adalah kecepatan loading yang cukup baik karena didukung oleh tekhnologi web server yang terbaik yakni litespeed, garansi uptime, fitur serta dukungan support system.

Anda bisa memilih Niagahoster dengan berkunjung ke websitenya yaitu www.niagahoster.co.id

Kemudian masukkan kode Voucher “BANGRHIDWAN” untuk mendapatkan potongan harga sebesar 5%.

Kesimpulan

Memilih dan menentukan nama domain yang pas untuk website adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Karena perannya yang begitu penting, maka perlu pertimbangan khusus dalam memilih nama domain yang tepat.

Yang terpenting nama domain bisnis anda bisa merepresentasikan brand perusahaan anda dengan baik.

Bang Rhidwan

Seorang blogger dan digital marketing enthusiast. Senang belajar bisnis, pengembangan diri dan public speaking. Suka ke warung kopi, tapi gak pesan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *