Ada 2 alasan utama mengapa kamu harus melakukan digital marketing!

  1. Konsumen sudah go online
  2. Pesaing juga sudah go online

2 (Dua) Alasan ini sudah sangat cukup bagi kamu untuk bergerak sekarang! Jangan makin ketinggalan!

Strategi Digital Marketing

Artikel ini akan membantu kamu memetakan strategi digital marketing yang terbukti bisa mempromosikan bisnismu di jagad internet dengan mudah.

Mari sepakat menyebutnya: Digital Marketing LifeHack.

Digital Marketing: Trend Pemasaran Jaman Now!

Hari ini, saya melihat sebuah video di youtube, seorang tukang panci berhasil mendapatkan 2,5 milliar omset sehari. Hanya dari internet. Ketika diwawancara, dia bilang, “Sudah bukan jamannya jualan offline. Melalui dunia online saya bisa jualan panci di seluruh dunia kecuali korea utara.”

Di era digital ini, penetrasi bisnis kepada konsumen semuanya sudah melalui media digital. Alasannya sederhana. Karena konsumennya sudah berpindah habitat ke dunia maya ini. Barangkali karena lebih simple dan mudah. Belanja kebutuhan sehari-hari sampai barang berharga seperti laptop dan mobil, bisa dilakukan sambil sarungan di depan televisi. Hanya bermodal si layar kecil, Smartphone.

Asbab itu para pelaku bisnis pun kini berbondong-bondong go online. Mulai dari pedagang makanan, sampai ke sales perumahan.

Mereka yang lambat melakukan pergerakan? Ya tumbang! Mati tanpa tau dosanya dimana.

Memang hari ini, kita tidak perlu bikin dosa untuk mati. Contohnya sudah banyak. Mulai dari pelaku industry rumahan, sampai perusahaan ritel raksasa seperti Giant, Lotus, Matahari dan Ramayana. Tercatat pernah menutup sebagian gerai-gerainya.

Bagi kamu yang masih pakai cara-cara lama dalam memasarkan bisnis, segera bertaubat sekarang! Saatnya kembali ke jalan yang benar! Ke Jalur Digital!

Berbagai Pengalaman Mempromosikan Bisnis di Internet

Tidak ada yang pernah menyangka, jasa bekam dan ruqiyah ternyata bisa dipasarkan melalui internet.

Melalui website dan social media, salah seorang klien saya, Ust. Abdillah berhasil menerima panggilan bekam & ruqiyah home care hingga ke Kalimantan dan Sumatera. Padahal sehari-harinya ia beroperasi di Makassar.

Klien saya yang lain, Muthma, adalah seorang hipnoterapis wanita di Makassar. Awalnya beliau mengaku kesulitan mendapatkan klien, ditengah persaingan para pemain besar yang sudah punya nama. Tetapi setelah berkonsultasi dan sepakat membuat website, akhirnya ia mengaku telah mendapatkan klien dari website. Namanya pun kian dikenal sebagai seorang terapis akhwat di Makassar.

Adalagi Pak Harun, seorang dosen dan pengajar public speaking. Kini kian gencar mengadakan berbagai pelatihan untuk anak-anak muda millennial. Begitu ditanya darimana dapat peserta, ternyata paling banyak dari social media, dan kemudian dari website.

Begitulah, trend pemasaran kini bergeser ke internet. Keuntungannya banyak. Selain karena jangkauan pasar yang lebih luas, juga lebih mudah dan hemat biaya.

Saya sendiri menjalankan jasa pembuatan website terbilang sangat baru. Berawal dari diskusi bersama satu orang teman trainer yang ingin dibuatkan website, untuk membantu memasarkan jasanya. perlahan berpindah dari satu teman ke teman yang lain. Hingga akhirnya saya menyadari, ternyata masih banyak orang kesulitan dalam membuat website. Sementara potensi pasar tengah bergerak ke arah ini.

Bermodal pengalaman menjadi blogger sejak 2009, saya kemudian membuka bisnis jasa pembuatan website kecil-kecilan. Meski tanpa pengetahuan koding sama sekali, saya perlahan-lahan belajar sembari praktek.

Ilmu yang saya dapatkan dari membuat suatu website klien, kemudian saya catat dan saya aplikasikan untuk project berikutnya. Bermula dari belajar menggunakan elementor, sampai menggunakan aplikasi web builder dan instant deploy yang disediakan provider hosting seperti Domainesia.

Adapun pengalaman itulah yang mau saya share di tulisan ini…

Kunci Sukses Mempromosikan Bisnis di Rimba Internet

Meskipun menawarkan kemudahan, ternyata tidak sedikit orang merasa kesulitan untuk mulai berbisnis di internet. Alibinya, mulai dari gaptek, sampai ke masalah persaingan yang juga kian membesar.

Memang jika tidak mengetahui strateginya, menjalankan bisnis di internet bisa sangat stressful. Tak sedikit mereka yang beriklan berujung boncos, tanpa hasil. Setidaknya saya pernah mengalami masa-masa itu.

Salah satu kunci penting digital marketing lifehack menurut saya adalah memiliki unique selling point (USP) yang jelas. Sesuatu yang membedakan kita dari pesaing. Penawaran yang unik. Sehingga audience punya alasan untuk membeli dari kita.

Tanpa ini, berat rasanya untuk menonjol di belantara rimba ini.

Sebagai pemain baru dalam jasa pembuatan website, saya merasakan hal yang sama. Kalau kita googling “Jasa pembuatan website”, yang muncul adalah para taipan yang punya skill dan jam terbang yang gak main-main. Hal ini, kalau tidak disikapi dengan benar, bisa-bisa bikin keder duluan.

Tapi kalau kita punya USP, setidaknya kita punya alasan untuk berdiri.

Saya pun mencari. Apa yang menjadi masalah orang-orang yang mencari jasa pembuatan website?

Nah, di sini saya melihat celah. Orang masih punya ketakutan untuk membelanjakan uang mereka. Terutama jika kita belum punya brand yang kuat.

Maka saya tetapkan Unique Selling Point sebagai “Jasa pembuatan website yang risk-free. Revisi berapakalipun. Puas baru bayar.” Dengan begini saya punya diferensiasi dari yang lain.

Hal yang sama juga saya aplikasikan pada klien-klien saya. Muthma misalnya, sebagai seorang hipnoterapis. Jika tidak dibranding dengan USP yang baik, pasti akan kewalahan menghadapi para pelaku yang sudah lama punya nama.

Di laman google bisnis para hipnoterapis lain saya melihat, ada banyak pertanyaan tentang, “apakah terapisnya wanita?” atau “Apakah ada terapis wanita?

Nah, titik terang. Coach muthma kemudian di branding sebagai seorang hipnoterapi khusus akwat di Makassar.

6 Cara “LifeHack” Mempromosikan Bisnis di Era Digital

Namanya digital marketing lifehack, berarti harus membuat proses digital marketing itu menjadi lebih mudah. Tulisan ini ditulis memang untuk anda yang selama ini merasa kesulitan menerapkan strategi pemasaran digital dengan segala tetek bengeknya.

Dengan tips dan prinsip yang dijabarkan di sini, anda tidak lagi akan kesulitan bagaimana melakukan pemasaran digital jaman now.

Oke, #LangsungBikinAja sekarang, inilah 6 Digital Marketing LifeHack Ala Bang Rhidwan.

  1. Isi Website Anda Dengan Konten Yang Powerful dan Dibutuhkan Audience
  2. Bangun Engagement di social media
  3. Jangkau Pasar Yang Spesifik dan tertarget dengan FB ads
  4. Kumpulkan database pelanggan dengan Email dan Whatsapp Marketing
  5. Gunakan Influencer dan community power untuk membangun trust
  6. Optimalkan penggunaan google my business directory listing

Sudah siap? Yuk kita urai satu per satu.

#1. Membuat website dan mengisi dengan konten yang bernilai

Di internet, konten adalah raja. Kalau kamu punya konten yang bermanfaat, pelanggan yang akan datang mencarimu. Sudah bukan jamannya mengejar-ngejar konsumen. Biarkan konsumen yang datang kepadamu.

Kuncinya: sediakan konten yang mereka butuhkan.

Berikan dengan gratis! Dan dari sana mereka akan percaya bahwa kamu dan produkmu adalah solusi tepat bagi permasalahannya. Pada gilirannya, mereka akan membeli darimu. Bahkan merekomendasikannya pada temannya.

#2. Bangun Engagement di social media.

Menurut Global Web Index, 30% waktu online, orang habiskan di social media. Lain kata, social media adalah tempat terbanyak orang menghabiskan waktu onlinenya.

Karena itu, social media adalah tempat yang sangat baik membangun hubungan dengan konsumen. Keunggulan social media ada pada sentuhan personalnya. Dan itu yang dibutuhkan orang-orang dari sebuah brand. Connectedness. Keterhubungan.

Orang suka dengan orang yang akrab dengannya. Lebih mudah membeli jeroan dari orang yang kita kenal, daripada membeli permen dari orang yang asing. Tanya kenapa?

Ada banyak cara-cara kreatif yang bisa digunakan untuk membangun engagement di social media. Misalnya dengan postingan sederhana untuk menanyakan kondisi konsumen, atau mengadakan giveaway, membuat kultweet dengan hastag, bikin kuis, status lucu, dan lain sebagainya.

Engagement berupa like, view, komen, share, dan subscribe itu adalah sesuatu yang mahal harganya. Bagi brand, itulah keterhubungan.

Belum lagi, Algoritma terbaru dari facebook misalnya, sangat mengutamakan tingkat angagement untuk menentukan feed seperti apa yang muncul di laman social media kita.

Artinya kita akan lebih banyak melihat postingan konten dari orang-orang atau brand yang kita lakukan interaksi. Sebab percuma kalau teman atau followers anda 5000 tapi sepi macam kuburan.

Digital Marketing Lifehack #02: Bangun keterhubungan personal dengan audience anda!

#3. Jangkau pasar yang lebih spesifik dan tertarget dengan Fb ads

Dengan pengguna terbanyak di dunia, facebook adalah tempat yang sangat tepat untuk memasarkan produk/bisnis anda hingga ke seluruh dunia. Beriklah di facebook (Facebook Ads) bisa menjadi jurus sakti anda dalam melakukan strategi digital marketing.

Salah satu keunggulan beriklan di facebook adalah, anda bisa mentarget orang yang betul-betul spesifik hanya yang merupakan target market anda.

Contohnya, jika kamu jualan lipstick untuk kalangan perempuan kelas atas, maka iklanmu hanya akan muncul pada beranda para socialita. Laki-laki, atau kaum menengah kebawah tidak perlu melihatnya.

Efektif dan Efisien! Tertarget, spesifik dan hemat biaya.

Salah satu kelebihan lainnya, kamu bisa melakukan retargeting ads, bagi orang-orang yang sudah pernah melihat iklanmu, maka mereka akan melihatnya terus menerus sampai membeli. Psikologi menyebutkan, orang butuh waktu 7-8 kali untuk akhirnya mengambil keputusan membeli.

Digital Marketing LifeHack #03: Jualan pada orang yang tepat!

#4. Lakukan List Building Untuk Mengumpulkan Database Pelanggang

Di era industry 4.0 ini, database adalah emas.

Tanpa database, kamu seperti berburu kelinci di tempat yang gelap. Gak tau ada atau tidak. Memiliki database akan mempemudah kamu dalam melakukan promosi. Memahami karakter konsumen, serta mendeliver produk yang tepat untuk mereka.

Dengan internet dan digital power, kamu bisa mengumpulkan database pelanggan dengan jauh lebih mudah.

Setidaknya ada 2 hal berharga yang bisa dipilih untuk database pelangganmu. Tergantung preferensi bisnis anda kemana.

  1. Email
  2. Whatsapp

Atau anda bisa gunakan kedua-duanya, jika mau.

Untuk mengumpulkan email umum dilakukan adalah list building melalui lead magnet.

Lead Magnet adalah sebuah konten digital gratis yang anda tawarkan kepada masyarakat sebagai imbalan agar mereka mau memberikan data emailnya kepada anda. Perihal list building akan kita bahas pada postingan lain.

Sementara jika menurut anda user anda bukanlah orang yang pakai email, tapi lebih banyak pakai whatsapp, anda bisa melakukannya dengan software yang banyak disediakan oleh para mastah.

Memang untuk software ini anda harus keluar biaya untuk membelinya, tapi imbalannya akan sangat setimpal.

Digital Marketing LifeHack #4: Kumpulkan Database Pelanggan!

#5. Gunakan Influencer Untuk Membangun Trust

Salah satu strategi yang lazim dilakukan oleh banyak orang, adalah dengan menggunakan kekuatan influencer. Bisa bekerja sama dengan selebgram, youtuber, atau blogger.

Salah satu keuntungannya adalah, selain anda memperkenalkan bisnis anda kepada follower mereka, kekuatan influencer adalah pada tingkat trust follower kepada mereka tinggi.

Sehingga apapun yang mereka rekomendasikan akan mudah diikuti oleh followersnya.

Namun, agar campaign anda berhasil, penting untuk anda memilih influencer yang rata-rata audience mereka adalah sama dengan target market yang memang anda sasar.

Percayalah, banyak kok dari para influencer itu yang mau melakukan endorsement pada produk anda meski dengan imbalan yang tidak terlalu besar.

Digital Marketing LifeHack #05: Bangun Trust Dengan Kekuatan Influencer!

#6. Optimalkan penggunaan google my business.

Menurut data dari chatmeter.com, sebanyak 46% dari total keseluruhan pencarian di google adalah pencarian lokal. Ini angka yang sangat tinggi untuk diabaikan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk dengan google my business.

Google My Business adalah tools gratis yang disediakan oleh google untuk membantu para pelaku bisnis dan UKM memperkenalkan bisnisnya di internet.

Yakni dengan cara memunculkan website bisnis anda di hasil pencarian lokal.

Sebagai contoh, kalau saya mencari “katering murah“, Maka google secara otomatis akan memunculkan bisnis terkait yang paling dekat dengan lokasi saya. Ini tentu sangat menguntungkan baik pengunjung maupun pemilik bisnis.

Catering murah yang ada di daerah lain tidak perlu muncul sebab memang saya tidak membutuhkannya.

Digital Marketing LifeHack #06: Optimalkan Local Business Directory!

Yuk Mulai Sekarang! #LangsungBikinAja Website kamu dengan #JalanBarengDomainesia

Gak perlu bingung mulai dari mana. Mulai aja dulu dengan websitemu. Cek domainmu di domainesia.com/domain. Kemudian pilih paket hosting sesuatu kebutuhanmu.

Domainesia siap bantu kamu mengonlinekan bisnismu dari sekarang.

Mengapa #JalanBarengDomainesia?

Domainesia adalah salah satu penyedia layanan domain dan web hosting murang, yang kredibel dan terpercaya. Sejak tahun 2009, Domainesia sudah memberikan layana domain dan hosting yang aman baik untuk individu maupun untuk bisnis dari berbagai skala. Karena itu, kualitas layanannya sudah tidak diragukan lagi.

Ada banyak pilihan paket yang bisa kamu pilih di domainesia. Dan tidak perlu khawatir dengan harga, sebab domainesia menyediakan pilihan paket hosting mulai dari Rp. 16.000 saja per bulannya. Tidak lebih mahal dari biaya sekali ngopi di café favoritmu.

Fitu-fitur yang disediakan juga sangat premium dan ekslusif.

6 Keunggulan #JalanBarengDomainesia

Salah satu hal yang paling fundamental dari membangun website untuk tujuan pemasaran, adalah memilih provider hosting yang berkualitas. Anda tentu tidak mau, kehilangan potensi penjualan hanya gara-gara server websitemu down. Duh enggak banget deh!

Nah, setidaknya ini 6 keunggulan yang ditawarkan Domainesia Untuk mensupportmu

  1. SSD Super Cepat: Untuk Masalah kecepatan website, tidak usah ragu, tekhnologi SSD Cloud Hosting domainesia akan menjamin loading websitemu secepat kilat.
  2. Daily Cloud Backup: Tidak usah khawatir akan kehilangan data penting. Sebab di Domainesia, dibackup secara harian ke cloud.
  3. Unlimited Bandwidth: Banyak website yang tetiba menjadi down ketika diakses oleh banyak pengguna. Di Domainesia, kapasitas bandwidth unlimited, sehingga lancar jaya diakses ribuan pengunjung.
  4. Passionate Support: Pelayanan dan suppower system yang sangat memuaskan, siap membantu menyelesaikan setiap pertanyaan anda.
  5. Instant Deploy: Fitur yang memudahkan kamu membuat website dengan super mudah dan instan. Tanpa perlu skill koding yang njelimet.
  6. Garansi Uang Kembali: Tidak puas? Uang anda kembali!

Mungkin karena itulah, para pelanggan Domainesia yang jumlahnya mencapai 90.000+ orang di seluruh dunia, tetap setia menggunakan domainesia sebagai teman jalan bareng. Terbukti, mereka pada memberikan review positif di google.

So, yuk #LangsungBikinAja Website bisnismu dengan #JalanBarengDomainesia

Terakhir, sebagai penutup yuk kita simak petuah dari legenda internet Bill Gates berikut: “If Your Business is not in the internet, then your business is out of business.” (Kalau bisnismu gak eksis di internet, maka bisnismu akan hilang dari peredaran!)

Demikian, semoga berguna. Dan menggugah!

Bang Rhidwan

Seorang blogger dan digital marketing enthusiast. Senang belajar bisnis, pengembangan diri dan public speaking. Suka ke warung kopi, tapi gak pesan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *